Image of PENGARUH PENAMBAHAN JERAMI NANGKA (Artocarpus Heterophyllus) TERHADAP KADAR SERAT DAN DAYA TERIMA ABON IKAN NILA MERAH (Oreochromis Niloticus)

Text

PENGARUH PENAMBAHAN JERAMI NANGKA (Artocarpus Heterophyllus) TERHADAP KADAR SERAT DAN DAYA TERIMA ABON IKAN NILA MERAH (Oreochromis Niloticus)



ABSTRAK
Abon merupakan pangan alternatif yang siap saji. Penambahan jcrami nangka dalam pembuatan abon dapat memperkecil binya serta memanfaatkan limbah dengan mengurangi pemakaian daging sehingga lebih murah tetapi tetap mempertahankan mutu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh penambahan Jerami nangka (drtocarpus heterophyllus lamk.) terhadap kadar serat dan daya terima abon ikan nila merah (Oreochromis sp) Metode penelitian yang digunakan adalah Eksperimental). Adapun perlakuan yang diberikan dengan penambahan jerami nangka PI-20% P2-40%, P3-60% Untuk melihat tingkat kesukaan di lakukan uji organoleptik. Kemudian Data yang diperoleh di kelompokan dan ditabulasi, kemudian dianalisis secara statsistik dengan menggunakan uji freedman. Unutk melihat kadar serat di lakukan uji analisis serat dengan metode enzimantis. Berdasarkan hasil uji organoleptik meliputi warna, aroma, rasa dan tektur yang di hitung berdasarkan pangkat dari jumlah percobaan menunjukan pada perlakuan pl 20% jerami nangka lebih disukai dengan jumlah 352. Hasil uji kadar serat menunjukan bahwa dalam 100 gr perlakuan P1 mengandung serat 5,24% /bb. Abon ikan nila dengan penambahan jerami nangka mengandung dapat dijadikan sebagai alternative makanan yang praktis dan mudah dalam penyajiannya, Serta dapat juga direkomendasikan sebagai bahan lauk yang tinggi akan serat. Kata kunci: Jerami Nangka, Abon, Ikan Nila Merah, Kadar Kerat Daiar bacaan: 39 (1997-2017) Keterangan: 1). Peneliti 2). Pembimbing Utama 3). Pembimbing Pedamping IA


Ketersediaan

20142310099040Perpustakaan Terpadu Poltekkes Kemenkes Pontianak (GIZI)Tersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
040
Penerbit Poltekkes Kemenkes Pontianak : Pontianak.,
Deskripsi Fisik
xiii,47 hlm,; ilus,; 21x29,5 cm.
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
040
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this