Image of Pengaruh Penyuluhan Metode Mewarnai Gambar Pesan Gizi Seimbang Terhadap Peningkatan Pengetahuan Pada Anak Di SD N 39 dan SD N 03 Sungai Ambawang

Text

Pengaruh Penyuluhan Metode Mewarnai Gambar Pesan Gizi Seimbang Terhadap Peningkatan Pengetahuan Pada Anak Di SD N 39 dan SD N 03 Sungai Ambawang



ABSTRAK
Pengetahuan gizi memegang peranan penting dalam menentukan derajatkesehatan masyarakat. Berbagai masalah gizi dan kesehatan dapat terjadikarena kurangnya pengetahuan mengenai gizi seimbang. Upaya yang dapatdilakukan untuk meningkatkan pengetahuan gizi yaitu dengan memberikanpendidikan gizi melalui media. Media pendidikan gizi yang digunakan padapenelitian ini adalah buku mewarnai gambar pesan gizi.Mengetahui pengaruh penyuluhan metode mewarnai gambar pesan giziseimbang terhadap peningkatan pengetahuan anak di SDN 39 dan SDN 03Sungai Ambawang.Penelitian ini adalah penelitian kuasi eksperimen dengan rancangan prefest-posttest control group design. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan April2019. Populasi studi penelitian ini adalah siswa kelas 1 dan kelas 2 dengansampel berjumlah 36 siswa. Analisis data menggunakan paired t-test danindependent t-test.Hasil penelitian menunjukkan terdapat peningkatan pengetahuan sebelum dansesudah mewarnai gambar pesan gizi, dan terdapat peningkatan pengetahuansebelum dan sesudah penyuluhan gizi seimbang. Hasil uji independent t-testtidak terdapat perbedaan peningkatan pengetahuan pada kelompok perlakuandan kelompok kontrol p= 0,0596 (p>0,05).Media mewarnai gambar pesan gizi tidak memiliki perbedaan denganpenyuluhan gizi seimbang dalam peningkatan pengetahuan siswa.Gambar,
: Media
Pengetahuan Gizi
18 (2000-2018)


Ketersediaan

20152320161067Perpustakaan Terpadu Poltekkes Kemenkes PontianakTersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
067
Penerbit Poltekkes Kemenkes Pontianak : Pontianak.,
Deskripsi Fisik
xii, 81 hlm.; ilus.; 29.5 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
067
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this