Image of LAPORAN PENELITIAN : PENGARUH EDUKASI GIZI DENGAN MEDIA PERMAINAN TABAK ROBOT TERHADAP PENGETAHUAN, KONSUMSI BUAH SAYUR DAN SERAT PADA ANAK SEKOLAH DASAR

Text

LAPORAN PENELITIAN : PENGARUH EDUKASI GIZI DENGAN MEDIA PERMAINAN TABAK ROBOT TERHADAP PENGETAHUAN, KONSUMSI BUAH SAYUR DAN SERAT PADA ANAK SEKOLAH DASAR



ABSTRAK

Latar Belakang : Sayuran dan buah-buahan merupakan sumber berbagai vitamin, mineral, dan serat pangan. Hasil penelitian riset kesehatan dasar (Riskesdas, 2010) menunjukkan masih banyak penduduk yang tidak cukup mengonsumsi sayuran dan buah-buahan. Data (Riskesdas, 2013) menyebutkan sebanyak 93,5% penduduk usia > 10 tahun mengkonsumsi sayuran dan buah-buahan masih di bawah standar. Salah satu faktor yang mempengaruhi rendahnya konsumsi buah dan sayur pada anak-anak adalah rendahnya pengetahuan mereka tentang gizi. (Sediaoetama, 2008) mengemukakan bahwa pengetahuan gizi berpengaruh terhadap sikap dan perilaku dalam memilih makananan. Anak usia sekolah dasar (SD) merupakan masa yang sangat menentukan terjadinya pertumbuhan dan perkembangan yang baik. Asupan makanan yang bergizi seimbang begitu penting untuk menjamin tumbuh kembang anak yang sehat dan aktif. Edukasi gizi pada anak usia sekolah melalui media yang sesuai dan memadai melalui permaianan Tabak Robot dapat menambah pengetahuan serta mengembangkan sikap dan norma tentang memilih dan mengkonsumsi makanan yang sehat. Belajar sambil bermain akan membuat anak mudah dalam memahami pelajaran yang diberikan.
Tujuan : Untuk mengetahui pengaruh Edukasi Gizi dengan Media Permainan Tabak Robot terhadap Pengetahuan, Konsumsi Buah Sayur dan serat pada siswa SD Rasau Jaya Kabupaten Kubu raya.
Metode Penelitian : penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu (Quasi Experiment) yaitu penelitian yang menguji coba suatu intervensi pada sekelompok subyek dengan kelompok pembanding. Rancangan yang digunakan adalah pretest and posttest with control group, bertujuan untuk membandingkan hasil perlakuan Edukasi gizi melalui permainan Tradisional Tabak Robot dengan suatu kelompok kontrol penyuluhan ceramah. Uji yang digunakan adalah uji t-test dependent dan Wilcoxon Test dengan taraf signifikansi 0,05 dengan menggunakan perangkat pengolahan statistik. Sedangkan untuk melihat perbedaan pengetahuan sayur buah, konsumsi sayur buah dan serat antara kelompok control dengan kelompok perlakuan (permainan Tradisional Tabak Robot) menggunakan t-test independent dan uji Mann Whitney.


Ketersediaan

20174018116701.20174018116701.Perpustakaan Terpadu Poltekkes Kemenkes PontianakTersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
-
Penerbit POLTEKKES KEMENKES PONTIANAK JURUSAN GIZI : Pontianak.,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
-
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this