Image of LAPORAN  PENELITIAN: FORMULASI SNACK BAR BERBASIS TEPUNG PISANG KEPOK (Musa
acuminate L.) DENGAN SUPLEMENTASI  ZAT GIZI MIKRO MINERAL MIX UNTUK PERBAIKAN  STATUS GIZI ANAK USIA 24-59 BULAN

Text

LAPORAN PENELITIAN: FORMULASI SNACK BAR BERBASIS TEPUNG PISANG KEPOK (Musa acuminate L.) DENGAN SUPLEMENTASI ZAT GIZI MIKRO MINERAL MIX UNTUK PERBAIKAN STATUS GIZI ANAK USIA 24-59 BULAN



ABSTRAK
ix + 57 halaman, 13 tabel, 3 gambar, 5 lampiran
Latar Belakang: Akibat stunting dapat meningkatkan morbiditas dan mortalitas pada masa balita, Penyebab stunting sangat kompleks, asupan energi, protein dan zat gizi mikro yang tidak memadai, serta penyakit infeksi merupakan faktor yang sangat berperan. Salah satu produk pangan cepat saji bernilai fungsional yang sedang berkembang di berbagai negara adalah snack bar. Snack bar dapat memenuhi akan gizi, kenyamanan, dan rasa yang dapat memenuhi rasa lapar dalam waktu yang singkat sampai menuju makanan utama berikutnya disantap.
Tujuan Penelitian: menganalisis pengaruh Formulasi Snack Bar Berbasis Tepung Pisang Kepok (Musa acuminate L.) dengan Suplementasi Zat Gizi Mikro Mix untuk perbaikan Status Gizi pada anak usia 24-59 bulan di wilayah Tambelan Sampit, Kecamatan Pontianak Timur.
Metode Penelitian: penelitian analitik menggunakan metode quasi experimental study. Kelompok intervensi diberikan formulasi snack bar yang terbuat dari tepung pisang kapok dengan suplementasi zat gizi mikro diperoleh dari Mineral mix. Penggunaannya dengan menambahkan mineral mix sebanyak ±1 g pada makanan padat/snack bar balita siap-santap, sedangkan pada kelompok kontrol tidak diberikan perlakuan. Penelitian dilakukan selama 30 hari. Observasi dilakukan setiap sepuluh hari sekali selama penelitian berlangsung.
Hasil penelitian: Ada perbedaan yang signifikan nilai z-skor berdasarkan indikator TB/U (p=0,001) dan BB/U (p=0,018) sebelum dan sesudah intervensi. Namun, tidak ada perbedaan yang signifikan nilai z-skor berdasarkan indicator BB/TB (p=0,104) sebelum dan setelah intervensi. Ada perbedaan yang signifikan asupan energy (p=0,002) dan protein (0,01) sebelum dan setelah intervensi.
Kesimpulan: ada perbedaan status gizi berdasarkan indicator TB/U dan BB/U sebelum dan sesudah intervensi serta ada perbedaan status gizi energy dan protein sebelum dan sesudah intervensi.

Daftar Bacaan: 23 (1999-2017)
Kata Kunci: Snack Bar, Status Gizi TB/U, Asupan energy protein.
Keterangan: 1) Peneliti Utama, 2) Peneliti Kedua


Ketersediaan

2018401811670120184018116701Perpustakaan Terpadu Poltekkes Kemenkes PontianakTersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
-
Penerbit POLTEKKES KEMENKES PONTIANAK JURUSAN GIZI : Pontianak.,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
-
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this