No image available for this title

Text

Disain Tangki Aerasi Koagulasi Flokulasi dan Sedimentasi Dengan Sistem Microhydro Dalam Menurunkan Kadar Besi dan Mangan Air Sumur Gali Di Kabupaten Kubu Raya



ABSTRAK
Air didalam tubuh manusia berkisar antara 50 – 70% dari seluruh berat badan. Air terdapat diseluruh badan, di tulang terdapat air sebanyak 22% berat tulang, di darah dan di ginjal sebanyak 83%. Pentingnya air bagi kesehatan dapat dilihat dari jumlah air dalam organ, seperti 80% dari darah terdiri atas air, 25% dari tulang, 75% dari urat syaraf, 80% dari ginjal, 70% dari hati, dan to% dari otot adalah air. Kehilangan air untuk 15% dari berat badan dapat mengakibatkan kematian yang diakibatkan oleh dehidrasi. Karenanya orang dewasa perlu minum air minmal sebanyak 1,5 – 2 liter sehari untuk keseimbangan dalam tubuh dan membantu proses metabolisme.
Air yang dihasilkan harus memenuhi syarat kualitas yang mencakup syarat fisik, kimia, mikrobiologi dan radioaktif sebagai standar yang diberlakukan oleh Kementerian Kesehatan yang tertuang dalam Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor
32 Tahun 2017 tetang Standar Baku Mutu Kesehatan Lingkungan dan Persyaratan Kesehatan Air untuk keperluan Hygiene sanitasi, kolam renang dan pemandian umum.
Perumahan Ampera Raya Residen di Desa Ambawang Kuala Kecamatan Sungai Ambawang Kabupaten Kubu Raya yang samapi saat ini belum tersedia jaringan air minum dari PDAM. Untuk memenuhi kebutuhan air bersih dengan menggunakan sumur gali yang kandungan kader besi dan mangannya diatas baku mutu yang telah ditentukan. Untuk menjadikan sebagai air bersih perlu pengolahan lebih lanjut dengan menggunakan bahan koagulan (PAC). Bahan koagulan ini akan bekerja dengan optimal bila dilakukan pengadukan cepat dan pengadukan lambat, selama ini pengadukan tersebut dilakukan dengan secara manual dengan menggunakan pengaduk dari bahan kayu atau sejenisnya dan diaduk dengan tangan.
Untuk itu dalam penelitian ini dilakukan pengadukan dengan tenaga air (microhydro) dimana air yang dipompa damasukkan kedalam pipa yang berlobang dan selanjutnya dari pipa yang berlobang ini akan keluar air yang dapat menggerakkan roda penggerak bagian atas tangki dan akan memutar as besi yang pada bagian bawahnya terdapat kipas kecil. Kipas kecil inilah yang selanjutnya melakukan proses pengadukan.

Kata Kunci : Aerasi, Koagulasi, Flokulasi, Sedimentasi, Microhydro


Ketersediaan

20200014013Perpustakaan Terpadu Poltekkes Kemenkes PontianakTersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
-
Penerbit Poltekkes Kemenkes Pontianak : Pontianak.,
Deskripsi Fisik
36 hlm.; ilus.; 29 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
-
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this