No image available for this title

Text

EFEKTIVITAS APLIKASI ABDHI BERBASIS ANDROID TERHADAP PENGETAHUAN IBU DALAM MERAWAT GIGI ANAK



ABSTRAK
EFEKTIVITAS APLIKASI ABDHI BERBASIS ANDROID TERHADAP PENGETAHUAN IBU DALAM MERAWAT GIGI ANAK


Penyakit karies gigi masih menjadi prioritas permasalahan kesehatan anak,prevalensi karies gigi pada anak umur 3-4 tahun di Kalbar sebesar 49,83% pada tahun 2018. Karies gigi pada anak yang tidak dirawat dapat menyebabkan gangguan pengunyahan yang berakibat pada gangguan pertumbuhan. Kurangnya pengetahuan ibu tentang cara merawat gigi merupakan salah satu penyebab terjadinya karies gigi pada anak.Upaya meningkatkan pengetahuan ibu dengan cara penyuluhan, dalam proses penyuluhan terjadi proses komunikasi yang mempunyai 4 komponen yaitu sumber informasi, informasi,penerima informasi dan media komunikasi. Perkembangan alat media komunikasi saat ini seperti handphone, smartphone, iphone memudahkan masyarakat untuk mengakses informasi termasuk informasi tentang kesehatan. Penggunaan teknologi komunikasi saat ini membantu penyampaian informasi kesehatan kepada masyarakat khususnya para pengguna alat komunikasi sehingga penyampaian informasi dapat dijangkau oleh masyarakat yang lebih luas. Tujuan penelitian ini adalah membuat media penyuluhan berbasis android bernama Aplikasi ABDI. Aplikasi ini di buat untuk menyampaikan informasi tentang cara merawat gigi ibu hamil dan anak balita kepada pengguna media android dan menganalisis efektivitas aplikasi ABDHI berbasis Android tehadap pengetahuan ibu tentang cara merawat gigi.
Jenis penelitian ini merupakan penelitian quasi-experiment dengan pretest and postest with control design. Populasi dalam penelitian ini adalah ibu hamil dan ibu balita di Puskesmas UPTD Pontianak Barat. Sebagai sampel adalah 76 ibu hamil dan ibu balita yang berkunjung di Puskesmas UPTD Pontianak Barat pada bulan Juni 2020. Analisis data dilakukan menggunakan komputer dengan T-tes untuk mengetahui perbedaan pengetahuan ibu sebelum dan sesudah menggunakan aplikasi ABDHI.
Hasil analisis univariat menunjukan ada kenaikan skor pengetahuan sebesar
14.5 sesudah penyuluhan menggunakan aplikasi ABDHI, kenaikan ini lebih besar dibanding kelompok kontrol sebesar 8.7. Analisis bivariat ada perbedaan yang bermakna pengetahuan sebelum dan sesudah penyuluhan pada kelompok ekperimen dan kelompok kontrol dengan nilai p=0.00. Ada perbedaan selisih rata rata antara kelompok eksperimen dengan kelompok kontrol dengan nilai p=0.001.




Kata kunci: Aplikasi ABDHI, Pengetahuan ibu.


Ketersediaan

20200014014Perpustakaan Terpadu Poltekkes Kemenkes PontianakTersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
-
Penerbit Poltekkes Kemenkes Pontianak : Pontianak.,
Deskripsi Fisik
vii, 46 hlm.; ilus.; 29 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
-
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this