Image of EFEKTIVITAS AIR REBUSAN DAUN INSULIN ( Smallantus sonchifolius ) TERHADAP KADAR GLUKOSA DARAH DAN KOLESTEROL PADA MENCIT (Mus Musculus )

Text

EFEKTIVITAS AIR REBUSAN DAUN INSULIN ( Smallantus sonchifolius ) TERHADAP KADAR GLUKOSA DARAH DAN KOLESTEROL PADA MENCIT (Mus Musculus )



ABSTRAK
Pendahuluan : Menu= World Health Organisation (WHO) mempuiankan pada tahun 2025 jumlah penderita diabetes akan bertambah hingga 300 juta orang. Penderita DM di Indonesia pada tahun 2013 mencapai 8.5 juta orang dan menduduki peringkat ketujub. Jumlah tersebut &path-Akan akan meningkat lebih dari dun kaluna pada tahun 2030 yang mencapai 21.3 juta orang. Pengobatan diabetes melaus dapat dilalculcan secara medic dengan obat-obatan modem dan suntikan. Pengobatan diabetes melitus memerlukan janglca waktu yang panjang dan biaya yang mahal. sehingga perlu mencari obat antidiabetes yang relatif womb dan tenanglcau masyankat. Sebagai salah satu altematif adalah peng•man obat tiadisional yang mempunyai efek hipoglikemia. Path tabula 1980 WHO merekomendasikan agar dilakukan penelitian terhadap tanaman yang efek menumukan kadar gula dash karena pemakaian obat modem kurang aman. 4 r-vi -t • on Herbal Medicines For Diabetes Mellitus mengemukakan bahna daun Smallanthus Sonchtfolius adalah salah satu daun Yang rannilila effect aruidiabetic.Dam mmbn mengandtmgfructooligosacarida. flavonoid• Smallanthaditspenic acids A. B. C dam D yang beaperan dalam regulasi gula dank Daun insulin jugs mengandung komponen phenol. chlorogenic• calfeic. dan ferulic mempakan antioksidan yang pada tikus DM dapat mempesbaila sel 6 pakten dan menekan kadar gula dalam dank. Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efelctnitas pemberian air rebusan dam insulin terbadap kadar eukosa danh dan kolesterol pada mencit (Alas Musculus) Ma/dant:. Sebagai informasi dan pengayaan bahan ajar tentang manfaat dam insulin pada mencit Diabetes Mellitus
Metodelogi penelitian: Jems penelitian ini adalah penelitian true elcspa-imm laboratorium dengan death three group pretest and postest with control group design. Anglin data menggunakan uji One W. Anova jika sebaran data normal staid= jika sebaran data tidak normal meggunakan uji Knekal Wallis lintuk melibat pezbedaan a.utara kelompok konfrol dan dan kelompok perlalcuan menggunakan uji t-test jika sebaran data normal dan uji Mann-Whitney jika sebaran data tidak normal.
Hash : Ada pesbedaan kadar gula danh sebelum dan sesudah intervensi pada kelompok dosis 50 mg. 70 mg dan 90 mg (p-0.05). Ada perbedaan sigaifilcan antar kelompok dengan pesbedaan pada kelompok dot 50 mg. Pezbedaan kolesterol sebelum dan sesudah intensi ada pada kelompok dosis 70 mg dan kelompok kontrol. Tidak ada perbedaan signifikan kadar kolesterol pada setiap kelompok.


Ketersediaan

20200014038046Perpustakaan Terpadu Poltekkes Kemenkes PontianakTersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
046
Penerbit Poltekkes Kemenkes Pontianak : Pontianak.,
Deskripsi Fisik
iv, 27 hlm.; ilus.; 29 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
-
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this