Image of Rancang Bangun Instalasi Pengolahan Air Sumur Gali Menggunakan Media Kombinasi Filter Pasir Silika Dan Arang Aktif Batu Bara Untuk Menurunkan Kadar Besi (Fe) Di Desa Parit Baru Kabupaten Kubu Raya.

Text

Rancang Bangun Instalasi Pengolahan Air Sumur Gali Menggunakan Media Kombinasi Filter Pasir Silika Dan Arang Aktif Batu Bara Untuk Menurunkan Kadar Besi (Fe) Di Desa Parit Baru Kabupaten Kubu Raya.



ABSTRAK
Raneang Bangun lnstalasi Pengolahan Air Sumur Cali Menggunakan Media Kombinasi Filter Path- Silika Dan Arang Aktif Batu Bara Untuk Menurunkan Kadar Besi (Fe) Di Desa Parit Baru Kabupaten Kubu Raya Pandhu Ari Swasonau. Asmadi, S.T., M.Sii), Dr. Khayan, S.K.M, M.Kes.' Iqurusan Keschatan lingkungan. Poltekkes Kemenkcs Pontianak E-mail: pandhucajonz@gmail.com
Kehidupan manusia sangat bergantung pada air bersih. Salah sate somber air adalah air sumur gali yang pada umumnya mengandung Fe. Kadar besi (Fe) yang melebihi 1 mg/L akan menyebabkan terjadinya iritasi pada mats, kulit dan dapat menyebabkan masalah kesehatan lainnya. Sehingga perlu dilakukan pengolahan, salah satunya secara fisika yaitu dengan metode filtrasi. yang merupakan prows penghilangan flak-flak halos dimana flak-flak tersebut akan tertahan pada media penyaring selama air melewati media tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengukur efektivitas pasir silika dan arang aktif bate bara dalam menurunkan kadar besi (Fe) pada air sumur. Jenis penelitian eksperimen adalah penelitian semu (quasi experiment) dengan desain past lest with control group, menggunakan metode kuantitf. Sebelum di lakukan proses filtrasi kadar besi (Fe) yang di dapatkan yaitu 2,223 mg/l. Kemudian setelah di berikan perlakuan dengan media pasir silika dan arang aktif bate bara dengan 5 variasi konsentrasi mempunyai rata-rata paling rendah yaitu 0,794 mg/I sudah memenuhi standar bake mute menurut Permenkes RI no 32 tahun 2017. Hasil kadar Fe yang didapatkan sebelum pengolahan yaitu 2,42 mg/1 dan setelah dilakukan pengolahan menggunakan media pasir silika dan arang aktif bate bara, yaitu pada konsentrasi ketebalan 60/60 cm didapatkan rata-rata 0,870 mg/I, pada ketebalan 70/50cm di dapatkan rata-rata 0,824 mg/1, pada ketebalan 80/40 cm didapatkan rata-rata 0,798 mg/1, pada ketebalan 90/30 cm didapatkan rata-rata 0,862 mg/1, pada ketebalan 100/20 cm didapatkan rata-rata 0,794 mg/I. Hasil penurunan yang paling efektif pada media pasir silika dan arang aktif bate bara yaitu pada variasi ketebalan 60/60 cm.
Kata Kunci Sumur gall, filtrasi, Fe, penurunan, pasir silika, arang aktif, bate bar.


Ketersediaan

20161313022386Perpustakaan Terpadu Poltekkes Kemenkes PontianakTersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
386
Penerbit Poltekkes Kemenkes Pontianak : Pontianak.,
Deskripsi Fisik
vii, 66 hlm.; ilus.; 29 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this