Image of Kemampuan Minyak Atsiri Kulit Jeruk Sambal (Citrus microcarpa) Yang Dipanaskan Menggunakan Tungku Aromatik Untuk Mengusir Lalat Rumah (Musca domestica)

Text

Kemampuan Minyak Atsiri Kulit Jeruk Sambal (Citrus microcarpa) Yang Dipanaskan Menggunakan Tungku Aromatik Untuk Mengusir Lalat Rumah (Musca domestica)



ABSTRAK
KEMAMPUAN MINYAK ATSIRI KULIT JERUK SAMBAL(Clfrus microcarpa) YANG DIPANASKAN MENGGUNAKAN TUNGKU AROMATIK UNTUK MENGUSIR LALAT RUMAH (Musca domestica) Randika Summarjaya, M.Nasipo, Moh.Adib') Poltekkes kemenkes PontianakU randikasummari@gmail.com Lalat rumah dikenal juga sebagai vektor mekanik pembawa penyakit yang berbahaya bagi kesehatan manusia antara lain diare, disentri, kolera, thypus. sehingga perlu dilakukan upaya pengendaliannya dengan insektisida nabati berpa minyak atsiri kulit jeruk sambal (citrus microcarpa) yang dipanaskan menggunakan tungku aromatik. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan minyak atsiri kulit jeruk sambal (citrus microcarpa) sebagai pengusir lalat rumah (Musca domestica). Penelitian ini merupakan jenis eksperimen semu dengan jumlah sampel sebanyak 900 ekor lalat Musca domestica dan diberikan perlakuan variasi konsentrasi minyak atsiri kulit jeruk sambal (citrus microcarpa), yaitu 8%, 10% dan 12%. Hasil analisis One-Way Anova, diperoleh nilai p=0,000 yang menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan, jumlah lalat yang terusir antara tanpa perlakuaan dengan seluruh kelompok penambahan variasi konsentrasi minyak atsiri kulit jeruk sambal. Hasil Bonferroni menujukkan ada perbedaan yang signifikan antara variasi konsentrasi ekstrak daun kesum 8% dengan 10% dan 12%, sedangkan variasi dosis 10% dan 12% tidak memiliki perbedaan yang signifikan dimana nilai yang diperoleh p=0,084 (pa). Konsentrasi 12% memiliki persentase repellent dengan kategori kuat yaitu sebesar 83,56% sedangkan perlakuan konsentrasi 8% dan 10% termasuk kedalam kategori sedang memberikan persentase reppelent sebesar 61,78% dan 74,64%. Dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan jumlah lalat yang keluar secara signifikan dengan semua konsentrasi penambahan minyak atsiri kulit jeruk sambal dimana p=0,000 (p


Ketersediaan

20161313027Perpustakaan Terpadu Poltekkes Kemenkes PontianakTersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
390
Penerbit Poltekkes Kemenkes Pontianak : Pontianak.,
Deskripsi Fisik
xiii, 70 hlm.; ilus.; 29.5 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this