Detail Cantuman
Advanced SearchText
Pengaruh Metode Pembelajaran Dalam Meningkatkan Pengetahuan Dan Sikap Cuci Tangan Pakai Sabun Pada Siswa Kelas IV Dan V Di Sekolah Dasar Negeri (SDN) 19 Pontianak Utara
ABSTRAK
Pengaruh Metode Pembelajaran Dalam Meningkatkan Pengetahuan Dan Sikap Cuci Tangan Pakai Sabun Pada Siswa Kelas IV Dan V Di Sekolah Dasar Negeri (SDN) 19 Pontianak Utara
Claraseri,, 1.1:a Saptiani, Ani II., B. Sc., S. Pd., M. Pd, Bambang P., S. 1., M. T usan Kesehatan Lingkungan, Poltekkes Kemenkes Pontianak E-mail: Berbagai macam jenis penyakit yang dapat timbul terkait kebiasaan mencuct tangan yaitu diarc, ISPA dan cacingan. Pcnyakit tersebut akan mempengaruhi tumbuh kembang anak sehingga mengakibatkan proses belajar mengajar terganggu. Masalah tersebut timbul karena kurangnya pengetahuan serta kesadaran akan pentingnya kesehatan terutama kebiasaan mencuci tangan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui metode pembelajaran mana yang lebih efektif dalam meningkatkan pengetahuan dan sikap cuci tangan pakai sabun pada siswa kelas IV dan V di SDN 19 Pontianak Utara. Desain penelitian in) menggunakan eksperimen semu (quasi experimental designs) dengan rancangan one grup pretest-posttest. Total sampel sebanyak 90 responden„ dengan jumlah kelas metode bermain peran, demonstrasi dan ceramah masing - masing sebanyak 30 responden sctiap kelasnya. Instrument yang digunakan adalah keusioner lembar pertanyaan pengetahuan dan lembar pernyataan sikap. Sebelum dilakukan analisa data, di lakukan uji nonnalitas data terlebih dahulu dengan kolmogorov - smirnov Z. Uji yang digunakan adalah uji one way anova dan uji kruskall Wallis. flasil uji statistik menggunakan uji one way anova pada nilai pengetahuan diperoleh nilai p = 0,835>0,05 sedangkan uji kruskall Wallis pada nilai sikap di peroleh nilai p = 0,963>0,05 . Tidak ada perbedaan yang signifikan antara ketiga kelompok metode pembelajaran dalam peningkatan pengetahuan dan respon sikap cuci tangan pakai sabun pada siswa kelas IV dan V di SDN 19 Pontianak Utara. Sekolah disarankan untuk dapat melakukan metode pembelajaran dengan memadukan antara metode ceramah dan bermain peran sehingga anak — anak dapat bergerak dan berperan agar anak — anak dapat Iebih aktif dalam menjaga kesehatan diri dengan selalu mencuci tangan saat sesudah melakukan aktivitas atau kegiatan.
Kara kunci Daftar Pustaka
Metode, pembelajaran, pengetahuan, sikap, CTPS. : 16 (2007 — 2019)
Ketersediaan
20161322002 | Perpustakaan Terpadu Poltekkes Kemenkes Pontianak | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri |
-
|
---|---|
No. Panggil |
-
|
Penerbit | Poltekkes Kemenkes Pontianak : Pontianak., 2020 |
Deskripsi Fisik |
xiv, 78 hlm.; ilus.; 29.5 cm
|
Bahasa |
Indonesia
|
ISBN/ISSN |
-
|
Klasifikasi |
NONE
|
Tipe Isi |
-
|
Tipe Media |
-
|
---|---|
Tipe Pembawa |
-
|
Edisi |
-
|
Subyek | |
Info Detil Spesifik |
-
|
Pernyataan Tanggungjawab |
-
|
Versi lain/terkait
Tidak tersedia versi lain