Image of Pemanfaatan Extrak Daun Kelor (Moringa Oleifera L) Sebagai Penurun Angka Kuman (Desinfektan Alami) Pada Alat Makan (Piring)

Text

Pemanfaatan Extrak Daun Kelor (Moringa Oleifera L) Sebagai Penurun Angka Kuman (Desinfektan Alami) Pada Alat Makan (Piring)



ABSTRAK
PEMANFAATAN EKSTRAK DAUN KELOR (Moringa Oleifera L) SEBAGAI PENURUN ANGKA KUMAN (DESINFEKTAN ALAMI) PADA ALAT MAKAN (PIRING)
Dwi Suricahyati, Nurul Amaliyah°, Salbiah 10) .)Jurusan Kesehatan Lingkungan Poltekkes Kemenkes Pontianak E-mail: dsuricahyati riijgmai I .com
ABSTRAK
Kebersihan peralatan makanan yang kurang baik dapat berperan sebagai media perkembangbiakan kuman penycbab penyakit. Upaya pencegahan penularan penyakit melalui alat makan biasanya menggunakan desinfektan atau sanitaiser kimia. penggunaan desinfektan alami (daun kelor) dapat menurunkan angka kuman pada peralatan makan. Daun kelor mengandung flavonoid yang dapat digunakan sebagai desinfektan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pemanfaatan ekstrak daun kelor (Moringa Oleifera L) sebagai penman angka kuman (desinfektan alami) pada alat makan (piring). Metode penelitian eksperimen semu ini menggunakan rancangan one grup pretest posttest design with control. Hasil penelitian dianalisis menggunakan uji Wilcoxone dan uji Kruskal Wallis. Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan angka kuman dengan variasi konsentrasi ekstrak daun kelor (Moringa Oleifera L) dengan nilai p41,000. Konsentrasi yang paling efektif dalam menurunkan angka kuman adalah 25%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah ekstrak daun kelor dapat menurunkan angka kuman pada peralatan makan.
Kata kunci : Peralatan makan, Daun kelor, Angka kuman.


Ketersediaan

20161323003370Perpustakaan Terpadu Poltekkes Kemenkes PontianakTersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
370
Penerbit Poltekkes Kemenkes Pontianak : Pontianak.,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
-
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this