Image of LAPORAN PENELITIAN TERAPAN UNGGULAN PERGURUAN TINGGI (PTUPT) | RANCANGAN ALAT DIAGNOSTIK PENDERITA DEMAM BERDARAH DENGUE DENGAN WEBCAM YANG DAPAT DI AKSES MELALUI HANDPHONE MENGGUNAKAN JARINGAN WI-FI

Text

LAPORAN PENELITIAN TERAPAN UNGGULAN PERGURUAN TINGGI (PTUPT) | RANCANGAN ALAT DIAGNOSTIK PENDERITA DEMAM BERDARAH DENGUE DENGAN WEBCAM YANG DAPAT DI AKSES MELALUI HANDPHONE MENGGUNAKAN JARINGAN WI-FI



Abstrak
Latar Beakang: Demam Berdarah Dengue merupakan masalah kesehatan di Indonesia. Demem Berdarah Dengue di Provinsi Kalimantan Barat tahun 2017 angka kematian menduduki peringkat kedua di Indonesia. Kota Pontianak sebagai pusat Provinsi Kalimantan Barat berperan penting dalam penyebaran penyakit DBD, ke wilayah Kabupaten/Kota disekitarnya. Periode 2015-2020 angka kesakitan DBD menunjukan trend fluktuatif, dimana incidence rate (IR) pada tahun 2016 sangat tajam yaitu 728,8 per 100.000 penduduk, namun sejak Tahun 2015 sampai 2020, mengalami penurunan sangat signifikan pada tahun 2015 (IR: 14,2), Tahun 2016 (IR: 28,3), Tahun 2017 (IR: 23,1), Tahun 2018 (IR:
17,06), dan terjadi kenaikan di Tahun 2020 (IR: 58,85)
Tujuan: Menganalisis sensitivitas, spesifisitas, nilai duga positif dan nilai duga negatif dari alat diagnostik yang digunakan yaitu; demam/panas, menggigil, sakit kepala, kombinasi demam dan menggigil, kombinasi gejala demam dan sakit kepala, serta kombinasi antara demam, menggigil disertai sakit kepala.
Metode: Desain dalam penelitian ini menggunakan Observasional bersifat analitik dengan rancangan crossectional
Hasil: Validitas yang diukur dari gejala klinis yang dibandingkan dengan standar baku yaitu pemeriksaan darah lengkap diperoleh hasil gejala klinis yang mempunyai sensitivitas tinggi yaitu gejala klinis tunggal demam/panas yaitu Se; 75,00%, Sp: 89,36%, PPV: 17,64% dan NPV:99,15%, sedangkan gejala kombinasi yang mempunyai validitas tetinggi adalah Demam/panas, nyeri kepala, Ruam kemerahan pada kulit, serta perdarahan dari hidung dan Guzi yaitu dengan nilai Se; 87,78%, Sp:92,96%, PPV: 41,18% dan NPV:99,18%. Menyusun alplikasi Alat diagnosis sederhanan alat diagnostik berbasis Wi-fi dan dapat diakses dengan HP dan berhasil membuat Flowchart Sistem Pemeriksaan Demam Berdarah, dimulai dari 1) User membuka/memulai Sistem Pemeriksaan Demam Berdarah, 2) User menginput gejala yang sedang dialami pada system, 3) Sistem memproses gejala yang dialami user, 4) Sistem memutuskan user sakit Demam Berdarah atau Tidak dan ke 5) Selesai.
Saran: Kombinasi gejala Gejala Demam/panas, nyeri kepala, Ruam kemerahan pada kulit, serta perdarahan dari hidung dan Guzi merupakan gejala khas yang diketemukan pada daerah penelitian sebagai alat diagnostik berbasis Wi-fi dan dapat diakses dengan HP dalam mendiagnosis penderita DBD di Kota Pontianak dan mungkin di daerah lain yang endemis. yang dapat diakses dengan HP yaitu di link: http://ujicoba.poltekkes-pontianak.ac.id.


Kata Kunci : Alat Diagnostik, DBD, Akses HP, berbasis Wi-Fi


Ketersediaan

20210308355Perpustakaan Terpadu Poltekkes Kemenkes PontianakTersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
-
Penerbit KEMENTERIAN KESEHATAN RI POLTEKKES KEMENKES PONTIANAK : Pontianak.,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
-
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this